Tergilas Teknologi,Perusahaan Kartu Post Tertua di Inggris Bangkrut

10.Berita teknolog

1.Tergilas Teknologi, Perusahaan Kartu Pos Tertua Inggris Bangkrut


Liputan6.com, London - Perkembangan teknologi yang makin mutakhir memberikan pengaruh luas ke berbagai bidang. Salah satunya adalah munculnya berbagai macam produk terknologi baru yang bisa semakin meringankan pekerjaan masyarakat.
Tak jarang adanya teknologi juga merubah gaya hidup masyarakat. Alhasil, beberapa perusahaan yang dulu sempat sukses besar kini harus gular
Perusahaan pembuat kartu pos terbesar asal Inggris misalnya. Diberi nama J Salmon, perusahaan yang sudah ada sejak tahun 1880 itu akan tutup pada Desember 2017.
Alasannya sederhana. Berkembangnya teknologi dan media sosial tanpa disadari telah membuat kebiasaan menulis dan berkirim kartu pos semakin terpinggirkan.
Mengutip theguardian, Rabu (27/9/2017), teknologi yang makin berkembang membuat orang lebih banyak menggunakan media sosial seperti instagram dan whatsapp untuk berkirim pesan. Ini akhirnya yang memberikan dampak besar bagi industri kartu pos.
Selain itu, pengelola J Salmon, kakak beradik Charles dan Harry Salmon mengatakan, banyak orang yang saat ini cenderung mengambil liburan lebih sebentar. Artinya, mereka cenderung pulang lebih cepat sebelum kartu posnya tiba.
"Meningkatnya kondisi perdagangan yang menantang dan perubahan pada lingkungan dan ukuran pasar telah berdampak pada ketidakpastian terkait keberlangsungan bisnis ini," ujar generasi kelima pengurus perusahaan tersebut.
Penjualan kartu pos dilaporkan menurun drastis dari 20 juta lembar pada 25 tahun yang lalu, menjadi hanya 5 juta pada 2017.

2.Demi Tekan Biaya Produksi, Apple Adopsi Panel

John Patrick Manuwu – Apple dikabarkan tertarik untuk menggunakan panel Full Active — seperti yang digunakan oleh Xiaomi Mi Mix 2 — pada smartphone terbaru mereka di 2018, menurut Wall Street Journal. Dengan teknologi baru ini, diharapkan Apple dapat menekan harga produksi smartphone mereka, sambil mendapatkan keuntungan yang lebih besar.Panel Full Active memiliki keunggulan bezel yang lebih tipis — setengah dari bezel OLED biasa — kontras dan warna yang lebih baik, konsumsi daya yang lebih rendah, serta harga yang lebih murah. Kita lihat saja langkah Apple yang satu ini, apakah memang dapat menekan biaya prod.uksi iPhone atau tidak.

3.Ponsel Nostalgia HMD Nokia 3310 Mendapat Pembaruan, Kini dengan Dukungan 3G

Ekky Pramana – Setelah versi terbaru Nokia 3310 dirilis oleh HMD Global bulan Februari 2017 silam, perusahaan asal Finlandia tersebut kini mengumumkan pembaruan ponsel tersebut yang kini dibekali dengan jaringan 3G. Versi sebelumnya hanya memiliki dukungan konekitivas 2G yang sudah tidak digunakan lagi di beberapa negara.Melalui siaran pers, HMD mengungkapkan alasan peluncuran versi terbaru Nokia 3310 ini. “Dengan adanya tambahan konektivitas 3G, diharapkan Nokia 3310 dapat menjangkau lebih banyak penggemar ponsel klasik ini di seluruh dunia.”
Dengan adanya tambahan jaringan ini, sayangnya ketahanan baterai Nokia 3310 versi baru mengalami penurunan yang signifikan, dengan 6,5 jam talk time  dibandingkan dengan 22,1 jam yang dimiliki oleh ponsel versi 2G.
4.Lenovo Retro ThinkPad 25 Bakal Debut Oktober Mendatang
Rencana menghadirkan laptop retro Lenovo ThinkPad 25 terbaru yang khusus untuk ditujukan memperingati ulang tahun ke 25 merek tersebut tampaknya sebentar lagi bakal segera terealisasi seiring terungkapnya sosok laptop gaek tersebut yang memperlihatkan warna hitam arang dengan segala kemewahannya melalui salah satu blog di Jerman baru-baru ini. Didasarkan pada keberadaan ThinkPad T470, Lenovo mengemas ThinkPad 25 dengan panel layar IPS 14 inci yang mendukung resolusi 1920×1080 piksel. Di sisi daya gedor performanya tampak lebih mengandalkan kekuatan prosesor Intel Core i7-7500U yang dikolaborasikan bersama kartu grafis NVIDIA GeForce 940MX dan RAM 16GB, termasuk juga solusi jitu penyimpanan yang berbasis SSD 512GB di dalamnya.

5.KOMPAS.com - Fitur pemindai sidik jari Touch ID yang setia menemani iPhone semenjak iPhone 5S hingga iPhone 8 dihilangkan di model flagship baru, iPhone X. Sebagai gantinya Apple menerapkan sekuriti biometrik baru, Face ID, yang berbasis pemidai wajah.
Face ID menimbulkan banyak pertanyaan, terutama menyangkut aspek keamanan dan kemudahannya dibanding pemidai sidik jari konvensional.
Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, Apple pekan ini merilis sebuah white paper berisi penjelasan mengenai cara kerja Face ID.
Disebutkan bahwa Face ID memindai dengan kamera “TrueDepth” yang menggunakan 30.000 titik infra merah dan gambar infra merah 2D untuk memetakan wajah pengguna.

6.Liputan6.com, Jakarta - Banyak produsen smartphone menyimpan fitur premium hanya untuk lini smartphone mahal mereka. Artinya, konsumen dengan budget terbatas tak akan punya pengalaman merasakan fitur-fitur inovatif yang dibenamkan pada smartphone premium.
Namun, Samsung tampaknya akan menghadirkan asisten cerdasnya, Bixby, ke smartphone kelas menengah mereka Galaxy A 2018.

7.Apple telah mengumumkan iPhone terbaru, yakni iPhone 8 dan iPhone 8 Plus di samping merilis edisi khusus ulang tahun kesepuluh iPhone, yakni iPhone X. Duo iPhone 8 dan iPhone 8 sendiri sudah mulai dijual sejak tanggal 22 September lalu, termasuk di Taiwan. Masalah yang diketahui ada pada duo iPhone 8 sejauh ini adalah masalah noise yang muncul ketika melakukan panggilan telepon, dan Apple telah bekerja pada update software yang akan segera digulirkan. Selain masalah noise tersebut, belum ditemukan masalah lain pada duo iPhone 8. Namun tampaknya orang-orang di Taiwan tidak terlalu bersemangat untuk membeli iPhone 8 Plus karena media Taiwan melaporkan adanya kasus iPhone 8 Plus yang meledak.

8.Jakarta - Rencana HMD menggulirkan update Android Oreo 8.0 untuk semua lini ponsel Nokia sudah digaungkan sejak awal September. Update ini pun bakal diterima juga oleh Nokia 8.
Dalam sebuah konferensi pers yang diadakan di Taiwan beberapa waktu lalu, HMD mengkonfirmasi bahwa pihaknya sekarang tengah menguji Android 8.0 untuk Nokia 8. Update ini diperkirakan akan bergulir paling lama akhir Oktober 2017.
Hal ini sejalan dengan kedatangan Nokia 8 di beberapa negara yang dijadwalkan awal pekan Oktober 2017. Di Indonesia sendiri, pihak HMD belum bisa memastikan kapan ponsel ini akan dijual resmi.
"Tunggu saja," kata Mark Trundle, Country Manager Indonesia HMD Global dalam peluncuran Nokia 3, 5 dan 6 beberapa pekan lalu. "Jangan buru-buru, pokoknya tunggu saja. Stay tune," tegasnya.
Bicara soal Nokia 8, ponsel ini hadir dengan layar 5,3 inch QHD. Bodinya dibuat dari material tangguh alumunium Series 6000 dan ketebalannya cuma 7,3 mm. 
Dapur pacunya cukup mumpuni, terdiri dar prosesor Snapdragon 835, RAM 4 GB, dan storage 64 GB. Ponsel ini menggunakan teknologi bernama Ozo Audio, yang membuat penggunanya bisa merekam audio 360 derajat selama merekam video.
Untuk kamera belakangnya, Nokia 8 menyematkan dual camera di bagian belakang yang keduanya menggunakan sensor 13 megapixel. Ukuran yang sama juga dimiliki kamera selfie. 
Nokia menghadirkan fitur 'bothie' yang membuat kamera depan serta belakangnya bisa dipakai bersamaan untuk merekam foto atau video. Makin lengkap, tersemat sensor sidik jari dan baterai berkapasitas 3.090 mAh. 

9.Jakarta, CNN Indonesia --
Lama memakai gaya promosi jor-joran, Vivo masih kesulitan masuk ke lima besar vendor ponsel cerdas di Indonesia. Namun, vendor asal China ini nampaknya masih ngotot menggunakan metode yang sama.
Vivo sendiri baru saja menggelar peluncuran V7 Plus dengan sangat mewah. Disiarkan di sembilan televisi nasional secara langsung tanpa iklan, didukung puluhan artis dan publik figur, menjadikannya sebagai salah satu peluncuran produk paling glamor yang pernah ada di Indonesia.
Metode yang sama dilakukan oleh Vivo pada peluncuran V5S pada Mei lalu. Ditambah penunjukkan artis nasioal sebagai duta produk, sulit menaksir biaya promosi yang sudah digelontorkan oleh Vivo.

10.Poster Oppo F5 Mulai Bermunculan, Bakal Meluncur Bulan Oktober? PonselPonsel Menarik by Reza Hendrawan - Sep 30, 2017 Pada bulan Mei lalu, Oppo telah meluncurkan smartphone selfie Oppo F3, dimana smartphone tersebut hadir dengan nilai jual utama dual-kamera pada bagian depan untuk menawarkan hasil selfie yang memukau. Kini tampaknya perusahaan asal Tiongkok tersebut tengah mempersiapkan penerus Oppo F3 dengan segera meluncurkan Oppo F5. Hal tersebut diketahui dari beredarnya poster-poster promosi Oppo F5 yang ditemukan di Megamall SM Filipina. Dari gambar di atas, kita bisa melihat aktof asal Filipina bernama Alden Richards tengah memegang handset yang diduga Oppo F5. Bahkan penyanyi Sarah Geronimo juga menjadi bintang iklan Oppo F5, yang tengah memegang varian warna merah. Gambar menunjukkan bahwa Oppo F5 dilengkapi dengan kamera tunggal pada panel belakang. Seperti smartphone generasi pendahulunya, Oppo F5 juga mengusung kamera selfie ganda. Oleh karena itu, smartphone yang satu ini juga dijuluki sebagai “Selfie Expert” dan juga membawa teks “Capture the real you” yang diharapkan dapat memberi detail lebih pada hasil foto selfie dengan teknologi beautify yang lebih canggih.

20 Berita STIMIK Pringsewu
1.STIMIK Pringsewu kembali mengadakan kegiatan kunjungan industri yang dilaksanakan pada tanggal 10 sampai dengan 15 September 2017.Kunjungan industri adalah kegiatan tahunan yangdiadakan oleh Perguruan Tinggi STMIK Pringsewu jurusan sistem informasi dan manajemen informatika sebagai salah satu cara untuk menambah ilmu dan pengalaman yang dibutuhkan dunia kerja yang belum didapatkan dalam perkuliahan. Dengan kunjungan industri mahasiswa STMIK Pringsewu jurusan sistem informasi dan manajemen informatika akan lebih mengetahui permasalahan-permasalahan yang ada secara langsung, sehingga mahasiswa STMIK Pringsewu jurusan sistem informasi dan manajemen informatika dapat menganalisis dan membandingkan ilmu-ilmu yang sudah dipelajari dalam perkuliahan dengan praktek yang ada dalam dunia kerja.Rombongan dosen pendamping dan mahasiswa mahasiswa STMIK Pringsewu jurusan sistem informasi dan manajemen informatika yang akan bertolak ke Jogja – Bandung pada tanggal 10 s/d 15 September 2017.

2.SERAH TERIMA MAHASISWA KKN STMIK& STIT PRINGSEWUWritten byadmin|July 29, 2016|0STMIK PRINGSEWU– Sehubungan dengan pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja nyata (KKN) STMIK & STIT Pringsewu yang menempati lokasi di 40 pekon di wilayah Kabupaten Pringsewu, Pada hari senin 25 Juli 2016 telah diadakan serahterima mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) STMIK & STIT Pringsewu Tahun Akademik 2015/2016 yang dilaksanakan di Pendopo Pringsewu.Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Pringsewu H. Sujadi beserta jajaran SKPD di Kabupaten Pringsewu, Ketua DPRD Pringsewu (Ilyasa), unsur-unsur Muspida, camat, dan kepala pekon, Ketua Yayasan Dr. H. Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., CA., adapun perwakilan dari STMIK & STIT Pringsewu yang juga hadir dalam kesempatan tersebut antara lain Ketua STMIK Pringsewu Hj. Rita Irviani, M.M. Ketua STIT Pringsewu Sri Hartati, M.T.I., Ketua Palaksana KKN, Seluruh DPLKKN T.A 2015/2016; serta 423 mahasiswa/i peserta KKN STMIK & STIT Pringsewu.Dalam sambutannya,Ketua pelaksana Kuliah Kerja Nyata (Sudewi, M.M)mengatakan, Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat adalah suatu kegiatan intrakurikuler wajib yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan metode pemberian pengalaman belajar dan bekerja kepada mahasiswa, dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat. KKN juga merupakan wahana penerapan serta pengembangan ilmu dan teknologi, dilaksanakan di luar kampus dalam waktu, mekanisme kerja, dan persyaratan tertentu.Oleh karena itu, KKN diarahkan untuk menjamin keterkaitan antara dunia akademik-teoritik dan dunia empirik-praktis. Dengan demikian akan terjadi interaksi sinergis, saling menerima dan memberi, saling asah, asih, dan asuh antara mahasiswa dan masyarakat. Melalui KKN mahasiswa memperoleh pengalaman belajar danbekerja dalam kegiatan pembangunan masyarakat sebagai wahana penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.Mahasiswa yang mengikuti KKN tahun 2016 ini sebanyak 423 orang, 385 orang dari STMIK Pringsewu terdiri dari :Laki-Laki : 173Perempuan : 212Sedangkan 38 orang dari STIT Pringsewu terdiri dari :Laki-Laki : 13Perempuan : 25Mereka akan dibimbing oleh 30 dosen pembimbing dan memberi arahan dalam penyusunan program maupun kegiatan dilapangan. Mahasiswa yang mengikuti KKN tersebar di 40 pekon di 9 Kecamatan yang beradadi wilayah Kabupaten Pringsewu.SementaraKetua Yayasan Dr. H. Fauzimenyampaikan ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu atas sambutan yang begitu hangat kepada seluruh civitas akademika STMIK & STIT Pringsewu dalam kaitannya dengan kegiatan KKN T.A 2015/2016.Terkait dengan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata, beliau berpesan kepada seluruh mahasiswa KKN T.A 2015/2016 agar memberikan yang terbaik bagi pekon di mana saudara/i ditempatkan, sehingga tujuan dari pelaksanaan KKN dapat tercapai.Bupati Pringsewu H. Sujadidalam sambutanya mengatakan ini adalah awal yang baik dan akan semakin baik dari sisi kwantitas serta kwalitas.

3.MAHASISWA STMIK PRINGSEWU GELAR SEMINAR UNDANG-UNDANG ITEWritten byadmin|March 6, 2017|0PRINGSEWU– Mahasiswa STMIK Pringsewu menggelar seminar terkait Undang-Undang ITE No 19/2016 di Auditorium Lt. II STMIK Pringsewu,Sabtu (4/3), Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua I (E. Yunaeti A, M.T.I), Wakil Ketua III (Nur Aminudin, M.T.I), Ka. LPPM (M. Muslihudin, M.T.I)serta bapak/ibu Dosen STMIK Pringsewu.Dalam acara seminar tersebut menghadirkan sebagai narasumberAKBP. DR. I Ketut Seregig, S.H., M.H dari Polda Lampung.Dalam sambutannya, sekaligus membuka acara seminar tersebut, Nur Aminudin, M.T.I mengingatkan kepada mahasiswa STMIK Pringsewu untuk selalu hati-hati dalam mengunggah informasi apapun dalam media sosial, sebab salah dalam berpendapat di medsos dapat berujung pada ancaman hukuman.Teknologi untuk memenuhi kebutuhan manusia memang sangat berdampak positif dan luas, tapi juga dapat dimanfaatkan untuk merugikan pihak-pihak tertentu,” katanya.Menurutnya, kebebasan berpendapat memang menjadi bagian dari hak asasi manusia, namun kebebasan harus disertai dengan tanggung jawab. Dikatakannya, sejak diberlakukannya UU ITE , kehadirannya menuai pro dan kontra karena beberapa pasal berpotensi dapat menjerat pengguna internet terutama media sosial dalam kaitanya terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kita perlu memahamiUU ITE supaya kita bisa memanfaatkannya sesuaidengan peran yang ada, kalau tidak nantinya, bisa-bisa menabrak aturan dan bermasalah dengan hukum.Mahasiswa STMIK Pringsewu untuk membingkai ilmu pengetahuan di era elektronik/digital dalam perspektif hukum, moral dan agama.Ilmu pengetahuan dan teknologi dipergunakan untuk hal-hal yang positif, dipergunakan oleh orang-orang yang mampu bersyukur, artinya bagaimana kita menggunakan seluruh potensi ituuntuk kebaikan dan kemuliaan, salah satu diantaranya adalah sebagai guide, bagaimana kitamenempatkan media sosial itu dalam kerangka moral, salah satunya adalah sebagai penunjang pembangunan, ujarnya.Sebaik apapun UU ITE dibuat, tak akan berpengaruh tanpa adanya kesadaran hukum darimasyarakat, kita perlu bijak dalam menggunakan media sosial, ucapnya.Dilanjutkan serah terima cindera mata oleh Wakil Ketua I (E. Yunaeti A, M.T.I) kepada Narasumber dalam seminar nasional (AKBP. I Ketut Seregig, S.H., M.H)Dalam seminar tersebut, AKBP. I Ketut Seregig, S.H., M.H mengatakan, media sosial memberi kesempatan seluas-luasnya kepada jejaring sosial atau pada siapapun untuk berpendapat. Misalnya Lewat kicauan di Twitter, status di Facebook, ataupun video di Youtube, pengguna bebas menyatakan dan menulis apa saja pada media yang mereka inginkan.Tetapi jangan lupa, dengan ancaman hukum terhadap aktivitas di internet tetap ada. Keberadaan Kitab Undang-Undang Hukum PidanaPasal 310 Ayat (1) juga Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

4.MAHASISWA STMIK PRINGSEWU SAMBANGI SKH KEDAULATAN RAKYATWritten byadmin|September 11, 2017|0Yogyakarta– Senin (11/9), mahasiswa STMIK Pringsewu mengadakan kunjungan media ke harian Kedaulatan Rakyat. Kunjungan kali ini bertujuan untuk mendapat pengetahuan dari redaksi Kedaulatan Rakyat serta mengetahui proses penerbitan koran di tempat ini dengan jumlah peserta 250 orang meliputi mahasiswa dan dosen pendamping.Kedatangan mahasiswa STMIK Pringsewu disambut oleh Suci dilanjut Agus Suryana selaku perwakilan dosen pendamping. Agenda hari itu dimulai dengan pemberian materi singkat oleh Suci Kedaulatan Rakyat, mengenai sejarah Kedaulatan Rakyat dan proses penerbitan. Kedaulatan Rakyat merupakan salah satu koran tertua di Indonesia. Harian ini berdiri pada tanggal 27 September 1945, artinya Kedaulatan Rakyat sudah seusia dengan negara ini. Pada masa itu, Kedaulatan Rakyat didirikan oleh H. Samawi dan H. Madikin sebagai alat penyambunglidah. Kedaulatan Rakyat merupakan koran lokal Yogyakarta, dan sampai saat ini tidak dijadikan koran nasional. Sebab isi berita dalam koran ini adalah untuk mengangkat kearifan lokal Daerah Istimewa Yogyakarta.Suci menyampaikan rasa senang mendapat kunjungan dari mahasiswa STMIK Pringsewu Lampung, karena sering juga mendapat kunjungan sejenis dari berbagai perguruan tinggi dan mengapresiasi mahasiswa untuk mengetahui media pers berupa surat kabar lokal dengan perkembangan historical skh sejak jamanorla sampai mantan menteri penerangan Harmoko orba sampai perkembangan terkini skh yang masuk urutan 7 surat kabar nasinal yang asli lahir dari masyarakat jogja.Sementara Agus Suryana, M.T.I menyampaikan kunjungan mahasiswa merupakan sharing knowladge sejarah surat kabar tertua berdiri th 45dan sharing proses manajemen surat serta sejarah perkembangan surat kabar tertua serta kunjungan ke percetakannya serta musium surat kabar dari jaman Soekarno dan Hatta serta kontribusi surat kabar lokal jawa yg menjadi corong suara rakyat jogyakarta yang mengaspirasikan suara dan hati rakyat, mahasiswa dituntut untuk peka terhadap isu-isu yang berkembang dimedia massa baik itu media cetak, elektronik maupun online, karena jika tidak maka akan ketinggalan banyak informasi dan tentunya untuk melatih softskill mahasiswa kami karena dewasa ini mahasiswa tidak hanya diberikan teori saja tetapi teori tersebut harus mampu diterapkan dan diaplikasikan oleh merekasehingga harapannya nanti ketika mahasiswa lulus mereka sudah tidak canggung untuk terjun dalam dunia kerja.Setelah diruang pertemuan selesai, untuk mengetahui langkah-langkah percetakan, mahasiswa STMIK Pringsewu diajak memasuki ruang penjilidan. Disana mahasiswa STMIK Pringsewu dipandu oleh Budi pembimbing SKH Kedaulatan Rakyat, di ruang penjilidan mahasiswa STMIK Pringsewu ditunjukkan bagaimana proses penjilidan. Proses penjilidan ada beberapa tahap diantaranya melipat, mengatur, memotong, dan menjahit kertas.

5.International Journal Of Information System and Computer Science (IJISCS)The International Journal Information System andComputerScience(IJISCS) is a publication for researchers and developers to share ideas and results of software engineering and technologies.These journal publish some types of papers suchas research papers reporting original research results, technology trend surveys reviewing an area of research in software engineering and technologies, survey articles surveying a broad area in software engineering and technologies. The scope covers all areas of software engineering methods and practices, object-oriented systems, rapid prototyping, software reuse, cleanroom software engineering, stepwise refinement/enhancement, ambiguity in software development, impact of CASE on software development life cycle, knowledge engineering methods and practices, formal methods of specification, deductive database systems,logic programming, reverse engineering in software design, expert systems, knowledge-based systems, distributed knowledge-based systems, knowledge representations, knowledge-based systems in language translation & processing, software and knowledge-ware maintenance, Software Specification and Modeling, Embedded and Real-time Software (ERTS), and applications in various domains of interest.

6.MAHASISWA STMIK PRINGSEWU SAMBANGI SKH KEDAULATAN RAKYATWritten byadmin|September 11, 2017|0Yogyakarta– Senin (11/9), mahasiswa STMIK Pringsewu mengadakan kunjungan media ke harian Kedaulatan Rakyat. Kunjungan kali ini bertujuan untuk mendapat pengetahuan dari redaksi Kedaulatan Rakyat serta mengetahui proses penerbitan koran di tempat ini dengan jumlah peserta 250 orang meliputi mahasiswa dan dosen pendamping.Kedatangan mahasiswa STMIK Pringsewu disambut oleh Suci dilanjut Agus Suryana selaku perwakilan dosen pendamping. Agenda hari itu dimulai dengan pemberian materi singkat oleh Suci Kedaulatan Rakyat, mengenai sejarah Kedaulatan Rakyat dan proses penerbitan. Kedaulatan Rakyat merupakan salah satu koran tertua di Indonesia. Harian ini berdiri pada tanggal 27 September 1945, artinya Kedaulatan Rakyat sudah seusia dengan negara ini. Pada masa itu, Kedaulatan Rakyat didirikan oleh H. Samawi dan H. Madikin sebagai alat penyambunglidah. Kedaulatan Rakyat merupakan koran lokal Yogyakarta, dan sampai saat ini tidak dijadikan koran nasional. Sebab isi berita dalam koran ini adalah untuk mengangkat kearifan lokal Daerah Istimewa Yogyakarta.Suci menyampaikan rasa senang mendapat kunjungan dari mahasiswa STMIK Pringsewu Lampung, karena sering juga mendapat kunjungan sejenis dari berbagai perguruan tinggi dan mengapresiasi mahasiswa untuk mengetahui media pers berupa surat kabar lokal dengan perkembangan historical skh sejak jamanorla sampai mantan menteri penerangan Harmoko orba sampai perkembangan terkini skh yang masuk urutan 7 surat kabar nasinal yang asli lahir dari masyarakat jogja.Sementara Agus Suryana, M.T.I menyampaikan kunjungan mahasiswa merupakan sharing knowladge sejarah surat kabar tertua berdiri th 45dan sharing proses manajemen surat serta sejarah perkembangan surat kabar tertua serta kunjungan ke percetakannya serta musium surat kabar dari jaman Soekarno dan Hatta serta kontribusi surat kabar lokal jawa yg menjadi corong suara rakyat jogyakarta yang mengaspirasikan suara dan hati rakyat, mahasiswa dituntut untuk peka terhadap isu-isu yang berkembang dimedia massa baik itu media cetak, elektronik maupun online, karena jika tidak maka akan ketinggalan banyak informasi dan tentunya untuk melatih softskill mahasiswa kami karena dewasa ini mahasiswa tidak hanya diberikan teori saja tetapi teori tersebut harus mampu diterapkan dan diaplikasikan oleh merekasehingga harapannya nanti ketika mahasiswa lulus mereka sudah tidak canggung untuk terjun dalam dunia kerja.Setelah diruang pertemuan selesai, untuk mengetahui langkah-langkah percetakan, mahasiswa STMIK Pringsewu diajak memasuki ruang penjilidan. Disana mahasiswa STMIK Pringsewu dipandu oleh Budi pembimbing SKH Kedaulatan Rakyat, di ruang penjilidan mahasiswa STMIK Pringsewu ditunjukkan bagaimana proses penjilidan.


7.MEMBANGUN BUDAYA TERTIB LALU LINTASWritten byadmin|June 12, 2016|0STMIK Pringsewu– Sabtu (11/6), “Membangun Budaya Tertib Lalu Lintas” merupakan salah satu materi di program orientasi studi pendidikan tinggi (POSDIKTI) STMIK Pringsewu diisi langsung oleh Bripka Yuliansyah Idrus selaku Banit Pendidikkan dan rekayasa Satlantas Polres Tanggamus. Beliau sangat bahagia diberikan kesempatan untuk memberikan materi “membangun budaya tertib lalu lintas” dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada STMIK Pringsewu yang sudah memberikan kesempatan kepada Satuan Lalu Lintas Polres Tanggamus.Yuliansyah mengatakan, membangun budaya tertib lalu lintas dari mahasiswa dapat menjadi contoh bagi masyarakat bagaimana berlalulintas yang baik dan terhindar dari kecelakaan. Selaku mahasiswa STMIK Pringsewu harus selalu mendukung keselamatan berlalulintas khususnyabagaimana berkendaraan yang baik dan memperhatikan rambu-rambu dan aturan lalulintas. Mari kita bersama-sama meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas, dan kita tidak bosan-bosan memberikan penyuluhan kepada para pelajar dari sampai jenjang perguruan tinggi”, jelasnya.DitambahkanNur Aminudin, M.T.I(Wakil Ketua III) mengatakan, “Membangun Budaya Tertib Lalu Lintas” bertujuan untuk menanamkan kesadaran tertib berlalu lintas kepada para mahasiswa sehingga dapat mengurangi volume kecelakaan yang terjadi di jalan raya, ucapnya.


8.SEMINAR HAKI (HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL)Written byadmin|May 31, 2017|0STMIK PRINGSEWU– Rabu (31/5) beberapa dosen dari STMIK Pringsewu, STIT Pringsewu, STIT Multazam, STIE Lampung Timur, ikut dalam seminar Internal yang mengambil tema tentang HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) yang bertempat di Auditorium lantai II STMIK Pringsewu dengan nara sumber Sri Yuliani, S.H., M.H Kepala bidang pelayanan hukum kantor wilayah kementrian Hukum dan Hak Asasai Manusia (KEMENKUMHAM) Lampung.Tema tentang HAKI memang sedang “in” sekarang ini, khususnya di kampus-kampus, dimana para dosen sebagai pendidik diwajibkan sebagai contoh bagi anak didiknya untuk bisa menghargai karya, ide, ciptaan orang lain, sehingga dimasa depan tingkat kejahatan plagiarism khususnya menjadi semakin minim.Dalam seminar tersebut, Sri Yuliani menjelaskan tentang pengenalan dan Manfaat kekayaan intelektual dan pendaftaran intelektual secara elektronik.Program aksi dari Kemenhumkam tentang kekayaan Intelektual yang dilaksanakan adalah pembentukan sentra KI, untuk di Lampung baru ada di UNILA, dan berharap STMIK Pringsewu bisa dirintis untuk menjadi sentra KI. Kata Sri Yuliani.

9.YUDISIUM S1 & D3 PERIODE I TAHUN 2017Written byadmin|August 22, 2017|0STMIK PRINGSEWU– Selasa (22/8) telah dilaksanakan acara Yudisium/Pelepasan Sarjana Komputer dan Profesional A.Md STMIK Pringsewu yang dilaksanakan di Auditorium kampus STMIK Pringsewu pada pukul 10.00 WIB sampai dengan selesai.Pada periode yudisium bulan Agustus ini STMIK Pringsewu meluluskan sebanyak 128 lulusan, yaitu jurusan Sistem Informasi meluluskan 125 Sarjana Komputer, Jurusan Manajemen Informatika meluluskan 3 Profesional A.Md yang didasari Surat Keputusan (SK) Ketua STMIK Pringsewu NOMOR 667/SK/STMIK.P/VIII/2017 TANGGAL 22 AGUSTUS 2017.Upacara Yudisium Periode I tahun 2017 ini yang sudah memenuhi persyaratan secara akademik dan administratif. Upacara ini dihadiri oleh Ketua Yayasan (Dr. H. Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., CA), Ketua STMIK Pringsewu (Hj. Rita Irviani, M.M), Wakil Ketua I (Elisabet Y.A, M.T.I), Wakil Ketua III (Nur Aminudin, M.T.I), Ketua Prodi Sistem Informasi (Tri Susilowati, M.T.I), Ketua Prodi Manajemen Informatika (Oktafianto, M.T.I), Ka. SDM (Dedi Irawan, M.E.Sy), Staf Pengajar dan Bagian pengajaran di lingkungan STMIK Pringsewu.Acara yudisium ini diawali dengan pembacaan kalam Illahi oleh Cahya Ari Setiabudi mahasiswa STMIK Pringsewu dengan NPM. 14201055. Cahya Ari Setiabudi membacakan surat Ar Rahman surat yang ke 55 di Al-Qur’an, Sesuai dengan salah satu sifatNya, Allah SWT mempunyai sifat Ar-Rahman yang berarti maha pengasih. Allah SWT selalu mengurusi kebutuhanmakhluk-makhlukNya. DIA tidak pandang bulu dalam memberikan kasihNya baik untuk orang muslim maupun orang kafir, semuanya Allah SWT kasih. Tatkala kasih sayang menyatu pada diri seseorang melainkan akan memperindah orang tersebut. Tatkala kasih sayang terlepas pada diri seseorang, tentu akan memperburuk dan menghinakan orang tersebut. Oleh sebab itu, sudah semestinya bila kita merindukan kasih sayang, perhatian, dan perlindungan Allah Swt. untuk selanjutnya meneladaninya dengan menjadikan diri kita penebar kasih sayang kepadasesama.Setelah pembacaan kalam Illahi dengan penuh khidmat dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pembacaan SK Yudisium oleh Wakil Ketua I dan selanjutnya pelantikan/pengukuhan peserta yudisium oleh Ketua STMIK Pringsewu Hj. Rita Irviani, M.M.Setelah pelantikan/pengukuhan peserta yudisiumoleh Ketua STMIK Pringsewu Hj. Rita Irviani, M.M selesai dilanjutkan sambutan olehKetua Yayasan Dr. H. Fauzi, beliau mengatakan, selamat kepada semua peserta yudisium kelulusan yang telah ditetapkan oleh Ketua STMIK Pringsewu yang baru saja dilakukan. Beliau berharap dengan menyandang lulusan STMIK Pringsewu hendaknya para lulusan berkomitmen untuk menjaga nama baik almamater tercinta, mudah-mudahan Allah SWT senantiasa memberikan barrokah, ilmu bermanfaat serta menjadi lulusan yang berguna bagi keluarga, agama dan bangsa.

10.MAHASISWA STMIK PRINGSEWU SAMBANGI PT PRIMARINDO ASIA INFRASTRUCTURE TBK.Written byadmin|September 13, 2017|0BANDUNG– Rabu (13/9) sebanyak 250 mahasiswa STMIK Pringsewu melakukan kunjungan kePT. Primarindo Asia Infrasrtucture Tbk. Jl. Raya Ranca Bolang No. 98 Gedebage – Bandung yang disambut oleh Agus Sunarto sebagai Manajer HRD (Human Resource Development). Kegiatan kunjungan industri bertujuan untuk lebih mengenalkan mahasiswa terhadap dunia kerja yang berhubungan dengan bidang perkuliahannya. Kegiatan tersebut meliputi pemaparan company profile, kunjungan pabrik serta peluang kerja bagi lulusan atau alumni dari STMIK Pringsewu.Agus Sunarto selaku Manajer HRD (Human Resource Developmen) menjelaskan tentang PT. Primarindo Asia Infrastructure Tbk, beliau mengatakan bahwaPT. Primarindo Asia Infrastructure Tbk. didirikan pada tahun 1988 dengan nama PT Bintang Kharisma, dengan status Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN). Pada tahun 1994, Perseroan mencatatkan dan menjual sahamnya di Bursa Efek Jakarta, dan menjadi PT Bintang Kharisma Tbk. Pada tahun 1997, Perseroan mengganti nama dari PT BintangKharisma Tbk menjadiPT Primarindo Asia Infrastructure Tbk.

11.LIGA FUTSAL ANTAR KELAS STMIK PRINGSEWU 2016Written byadmin|October 24, 2016|0STMIK PRINGSEWU– Minggu (23/10) di STMIK Pringsewu dilangsungkan acara pembukaan turnamen futsal antar kelas. Acara berlangsung sangat meriah, ditandai dengan antusiasnya mahasiswa yang ikut serta dalam turnamen tersebut.Turnamen futsal antar kelas STMIK Pringsewu inidibuka oleh wakil ketua III Bidang KemahasiswaanNur Aminudin, M.T.I.Dalam sambutannya disampaikan bahwa turnamen futsal ini bukanlah ajang mencari yang terkuat tetapi merupakan ajang pencarian bakat futsal yang nantinya akan ditetapkan sebagai tim pemain STMIK Pringsewu. Beliau juga menghimbau agar dalam turnamen ini peserta bermain secara sportif.Nur Aminudinmengatakan, kegiatan tersebut Untuk pengaktualisasian diri dalam proses pengembangan potensi para mahasiswa STMIK Pringsewu dalam bidang olahraga khususnya dalam bidang olahraga Futsal, ucapnya.Dalam laporan panitia, melaporkan bahwa peserta yang mengikuti turnamen Futsal ini adalah sebanyak 22 club. Turnamen Futsal ini akan berlangsung dari tanggal 23 Oktober 2016 s/d 3 Nopember 2016.

12.STIMIK PRINGSEWU GELAR PERLOMBAAN HUT RI KE-72Written byadmin|August 21, 2017|0STMIK PRINGSEWU– Dalam rangka memperingati HUT ke-72 Negara Kesatuan Republik Indonesia, Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi dan Manajemen Informatika STMIK Pringsewu melaksanakan kemeriahan Hut Kemerdekaan Ke 72 RI di Kampus STMIK Pringsewu, mahasiswa merayakan HUT Kemerdekaan ke 72 RI dengan cara menggelar bermacam lomba yang diikuti oleh mahasiswa STMIK Pringsewu dari prodi Sistem Informasi dan Manajemen Informatika, Senin (21/8)Perlombaan yang digelar di halaman kampus, merupakan tahap dari serangkaian kegiatan yang sudah direncanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa, kegiatan perlombaan ini diharapakandapat menjadi ajang silahturahmi antar mahasiswa.Acara berlangsung penuh keakraban dan keceriaan. Tidak ada batas dan pembeda antara mahasiswa. Semua larut dalam suasana kemeriahan HUT RI. Selain itu juga agar perlombaan ini lebih menjaga kebersamaan dan juga diharapkan lomba ini menjadi refresing dan manfaatkan untuk bergembira bersama.

13.PEMBEKALAN & GLADI BERSIH POSDIKTIWritten byadmin|June 9, 2016|0STMIK Pringsewu– bertempat di Ruang Auditorium lantai 2, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Pringsewu mengadakan Pembekalan Program Orientasi Studi Pendidikan Tinggi (POSDIKTI) untuk mahasiswa/i baru tahun akademik 2016/2017, Kamis (9/6).Begitu antusiasnya peserta posdikti dalam mengikuti pembekalan dan gladi bersih posdikti tahun akademik 2016/2017 yang rutin di laksanakan di kampus STMIK Pringsewu. Pembekalan posdikti bagi mahasiswa mahasiswi baru tahun akademik 2016/2017 di isi olehNur Aminudin, M.T.I(Wakil Ketua III) STMIK Pringsewu didampingi jajaran Badan Eksekutif Mahasiswa “Kabinet Hasanah Potensi” STMIK Pringsewu.Nur Aminudinmengatakan, gladi bersih ini bertujuan agar posdikti yang digelar dapat berlangsung dengan baik dan lancar. Itulah yang diharapkan oleh semua yang terlibat termasuk panitia posdikti. Dengan gladi bersih ini dilakukansupaya peserta posdikti dapat tahu situasi dan kondisi yang akan berlangsung selama posdikti STMIK Pringsewu digelar.


14.STMIK PRINGSEWU MELAKSANAKAN SHALAT GERHANA MATAHARIWritten byadmin|March 10, 2016|0STMIK PRINGSEWU– Gerhana Matahari Total (GMT) terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Sementara sebagian daerah lainnya akan mengalami Gerhana Matahari Sebagian (GMS). Terkait fenomena alam tersebut, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Pringsewu kemarin Rabu (9/3) melaksanakan Shalat Gerhana Matahari (kusuf) pada jam 08.00 WIB sampai selesai di halaman kampus setempat di ikuti oleh beberap dosen dan mahasiswa STMIK Pringsewu.Sebagai Imam dan Khatib pelaksanaan sholat gerhana matahari total di STMIK Pringsewu Moh. Masrur, M.Pd. I (Wakil Ketua I) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pringsewu. Dalam khutbahnya beliau menyampaikan bahwa peristiwa fenomena alam ini penting bagi umat Islam untuk memahami peristiwa gerhana sebagai fenomena alam yang dapat dijadikan momentum meningkatkan keimanan kepada Allah SWT dan kita sebagai hamba Allah SWT bisa muhasabah, sebuah upaya evaluasi diri terhadap kebaikan dan keburukan dalam semua aspeknya dalam diri kita.Rasulullah SAW bersabda :إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ لاَ يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلاَ لِحَيَاتِهِ فَإِذَا رَأَيْتُمُوهُمَا فَادْعُوا اللَّهَ وَصَلُّوا حَتَّى يَنْجَلِيَ“Sesungguhnya matahari dan bulan adalah sebuah tanda dari tanda-tanda Allah SWT. Keduanya tidak menjadi gerhana disebabkan kematian seseorang atau kelahirannya. Bila kalian mendapati gerhana, maka lakukanlah shalat dan berdoalah hingga selesai fenomena itu.” (HR. Bukhari, Muslim dan Ahmad)dalam hadist lainnya :لَمَّا كَسَفَتِ الشَّمْسُ عَلَى عَهْدِ رَسُول اللَّهِ نُودِيَ : إِنَّ الصَّلاَةَ جَامِعَةٌ“Ketika matahari mengalami gerhana di zaman Rasulullah SAW, orang-orang dipanggil shalat dengan lafaz : As-shalatu jamiah”. (HR. Bukhari).Fenomena alam tersebut yang terjadi semestinyadimanfaatkan untuk meningkatkan keimanan danketakwaan kepada Allah SWT, fenomena tersebutmerupakan suatu tanda dari banyak tanda kebesaran-Nya dan betapa manusia sangat kecil dan lemah di hadapannya,” ucapnya. 

15.STMIK PRINGSEWU GELAR PRA PENDIDIKAN DASAR MILITER (PRADIKSARMIL)Written byadmin|October 31, 2015|0STMIK PRINGSEWU– Jum’at, 30 Oktober 2015, Ketua Yayasan Lembaga Pendidikan Startech Pringsewu Lampung, H. Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., CA., membuka Pra Pendidikan Dasar Militer (Pradiksarmil) Resimen Mahasiswa (Menwa) Batalyon 208 Pringsewu angkatan XXXVI di halaman kampus Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Pringsewu.Dalam laporannya, Komandan Satuan Pendidikan Safrizal Ramadhan mengatakan, dasar pelaksanaan pembentukan Resimen Mahasiswa ini, Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri. Empat kementerian yang mengeluarkan SKB itu, yakni Menteri Pertahanan, Menteri DalamNegeri, Menteri Riset Teknologi dan Dikti, MenteriPemuda dan Olah Raga nomor : KB/11/XII/2014, 421.73/6660A/SJ, 6/M/MoU/XII/2014, 1175 Tahun 2014 tanggal 19 Desember 2014 tentang Pembinaan dan Pemberdayaan Resimen Mahasiswa Indonesia dalam Bela Negara.Pra Pendidikan Dasar Militer (Pradiksarmil) Resimen Mahasiswa (Menwa) Batalyon 208 Pringsewu angkatan XXXVI ini akan berlangsung selama 3 hari meliputi pembekalan fisik dan mental. Ketua Yayasan Lembaga Pendidikan Startech Pringsewu Lampung, H. Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., CA., mengapresiasi terselenggaranya kegiatan tersebut. Menurut beliau, Pra Pendidikan Dasar Militer (Pradiksarmil) Resimen Mahasiswa (Menwa) ini bertujuan mempersiapkan generasi penerus sebagai kader bela negara.“Sebagai calon-calon kader bela negara tentunya harus memiliki mental dan fisik yang prima. Pra Pendidikan Dasar Militer (Pradiksarmil) Resimen Mahasiswa (Menwa) ini merupakan ajang penempaan mental dan fisik para calon kader bela negara,“ ujar Fauzi.Pembukaan Pra Pendidikan Dasar Militer (Pradiksarmil) Resimen Mahasiswa (Menwa) juga diisi Kuliah Umum dari Bupati Pringsewu, H. Sujadi yang menyampaikan tentang peran pemuda dalam mengisi kemerdekaan. Masa depan Bangsa Indonesia sangatlah ditentukan oleh para generasi muda Bangsa ini. Kaum Muda Indonesia adalah masa depan Bangsa ini. Setiap Generasi Muda baik yang masih berstatus mahasiswa ataupun yang sudah menyelesaikan pendidikannya merupakan faktor penting yang sangat diandalkan oleh Bangsa Indonesia dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan juga mempertahankan kedaulatan Bangsa. Bela negara merupakan sebuah semangat berani berkorban demi tanah air, baik harta bahkan nyawa sekalipun berani dikorbankan demi keutuhan negara kesatuan republik indonesia.

16.UPACARA HARI PAHLAWANWritten byadmin|November 10, 2015|0STMIK PRINGSEWU– Selasa (10/11), Ketua STMIK Pringsewu Rita Irviani, M.M menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan. Upacara dilangsungkan di halaman kampus STMIK Pringsewu, dalam amanatnya Ketua STMIK Pringsewu menyampaikan Hari Pahlawan adalah Peristiwa Sejarah Pertempuran Indonesia yang terjadi pada tanggal 10 November 1945, Peristiwa ini di peringati karena untuk mengenang kembali jasa Pahlawan Kita. Pahlawan Indonesia telah berjuang mempertaruhkan jiwa, raganya serta hartanya untuk kemerdekaan Indonesia.Kemerdekaan bangsa ini tercapai karena rakyat Indonesia mempunyai semangat perjuangan yang sangat tinggi. Tanpa semangat perjuangan yang sangat tinggi, kita yakin kemerdekaan bangsa ini tidak akan tercapai. Selamanya rakyat Indonesia akan hidup dibawah penindasan penjajah. Hal lain yang perlu kita teladani kita sebagai generasi muda harus tangguh seperti Pahlawan kita yang tangguh untuk menggapai cita-cita, mereka mau belajar untuk mecapai cita-cita mereka. Para pahlawan tidak hanya mencucurkan keringat tetapi juga dengan segenap jiwa mereka untuk kemerdekaan Indonesia. Namun mereka tetap teguh berjuang membela negara dan mempertahankan prinsip mereka, ucapnya.Dalam kesempatan tersebut STMIK Pringsewu memberikan penghargaan kepada Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Pringsewu (KH. Ghalib), Pelaku sejarah pembentukan Kabupaten Pringsewu (Hi. Bambang Waluyo Utomo, S.E., Hi. R.U. Hendarman, PHN, Drs. Hi. Wanawir, AM, M.M.) yang tertuang dalam surat keputusan Ketua STMIK Pringsewu yang dibacakanNur Aminudin, M.T.I(Wakil Ketua III) STMIK Pringsewu dengan nomor : 001/SK/STMIK.P/XI/2015, 002/SK/STMIK.P/XI/2015, 003/SK/STMIK.P/XI/2015, 004/SK/STMIK.P/XI/2015.Sebelum pelaksanaan Upacara Hari Pahlawan, Badan Eksekutif Mahasiswa menggelar Seminar Memperingati Hari Pahlawan, Senin (9/11). Seminar ini merupakan salah satu perwujudan mahasiswa STMIK Pringsewu dalam rangka memperingati hari pahlawan yang jatuh pada 10 November. Seminar tersebut diharapkan mampu menumbuhkan jiwa patriot di dalam diri mahasiswa STMIK Pringsewu. Seminar yang menghadirkan nara sumber Dandim Kabupaten Tanggamus/Pringsewu (Letkol. Inf. Kristomei Sianturi, Hi. Bambang Waluyo, S.E., Vetran Kabupaten Pringsewu)Sekali Merdeka, Tetap Merdeka !!!FOTO UPACARA HARI PAHWALAN, SELASA 10 NOPEMBER 2015

17.MAHASISWA STMIK PRINGSEWU DATANGI KPU PRINGSEWUWritten byadmin|October 7, 2015|0STMIK PRINGSEWU– Mahasiswa STMIK Pringsewu mengunjungi Waroeng Demokrasi milik Komisi Pemilihan Umum setempat. Kunjungan mahasiswa itu diterima Ketua KPU Pringsewu, Warsito beserta anggotanya, Sofyan dan A. Andoyo, di sekretariat KPU, Selasa (6/10).Dosen pengampu mata kuliah E-Government, MeiWiyadi mengatakan, mahasiswa ingin belajar tentang informasi berkaitan pemilu secara langsung dan mendiskusikan peran mahasiswa dalam proses pelaksanaan pemilu.Tak dapat dipungkiri, politik memang bukanlah hal yang asing bagi mahasiswa, namun tak sedikit mahasiswa yang anti dengan politik. Secara praktis, politik memang sarat akan stigma-stigma negatif dalam hal merebut kekuasaan. Akan tetapi, sebagai makhluk sosial, sudah seharusnya kita harus ambil bagian dalam politik. Walaupun hal itu baik atau buruk. Dengan harapan semua bisa berubah kearah yang lebih baik.Ketua KPU Pringsewu, Warsito mengatakan, Waroeng Demokrasi ini pusat pendidikan pemilih KPU setempat, dan tepat jika mahasiswa ingin belajar berdemokrasi dan proses penyelenggaraan pemilihan umum.“Guna meningkatkan pelayanan masyarakat dalam mengakses informasi pemilu, masyarakat bisa mengakses langsung melalui website KPU pusat maupun Kabupaten Pringsewu,” katanya.Menurut dia, hubungan KPU dengan e-government adalah masyarakat dapat mengakses langsung informasi-informasi pemilu,di antaranya perundang-undangan dan peraturan penyelenggaraan pemilu.Pada kunjungan tersebut mahasiswa-mahasiswi STMIK Pringsewu melakukan diskusi kelompok membahas pemilihan umum. Banyak cara kreatif serta menarik yang dilakukan mahasiswa saat ini dalam menyambut pesta demokrasi bangsa ini dengan tujuan yang sama yaitu meramaikan dengan kegiatan positif, mengajak masyarakat untuk mensukseskan pemilu, serta mengawal segala kegiatan pemilu agar pelaksanaannya sesuai harapan bangsa ini yaitu berlangsung secara terbuka, jujur, dan adil.

19.PAPIKA STMIK PRINGSEWU GALANG DANA UNTUK BAYI PENDERITA HYDROCEPALUSWritten byadmin|June 10, 2015|1STMIK PRINGSEWU– Putra pertama pasangan Nofriyanto yang bekerja sebagai buruh dan Lusiana sehari-hari sebagai ibu rumah tangga tinggal di Desa Karanganyar Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran, M. Tegar Kurniawan menderita penyakit hidrocepalus sejaklahir 2 Agustus 2014.Kondisi tersebut mengetuk Putra Putri Kampus (PAPIKA) STMIK Pringsewu untuk menggalang dana membantu pengobatan M. Tegar Kurniawan. Wiwin Widya Wati selaku Ketua penggalangan dana mengatakan, kondisi anak tersebut sangat memprihatinkan. Kedua orang tuanya hanya seorang buruh dan sebagai pekerja rumah tangga, saat ini dua kali melakukan operasi. Pertama melalui BPJS, kedua dibantu oleh seorang donatur yang enggan disebutkan namanya. Oleh karena itu kami melakukan penggalangan dana guna menambah biaya pengobatan.Penggalangan dana dilakukan di Rest Area Kabupaten Pringsewu dengan mengedarkan kotak sumbangan kepada pengunjung dilokasi tersebut. Kami akan melakukan penggalangan dana secara berkesinambungan, pungkas wiwin.

20.PERAN IT DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKMWritten byadmin|September 18, 2017|0STMIK PRINGSEWU– Sekolah Tinggi ManajemenInformatika dan Komputer Pringsewu menggelar seminar untuk usaha kecil dan menengah (UKM) di kampus setempat. Dalam acara seminar tersebut di awali dengan menyanyikan lagu indonesia raya & mars Pringsewu, dilanjutkan dengan sambutan ketua LLPM STMIK Pringsewu (M. Muslihudin, M.T.I), sambutan Direktur Inovasi dan Kompetisi Universitas Komputer Indonesia (Dr. Yusrilla Yeka Kerlooza), sambutan sekaligus membuka acara seminar oleh Wakil Ketua III STMIK Pringsewu (Nur Aminudin, M.T.I).Dalam acara tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua I STMIK Pringsewu (Elisabet YA, M.T.I), Wakil Ketua II (Kasmi, M.M), Wakil Ketua III (Nur Aminudin, M.T.I), Kaprodi Sistem Informasi (Tri Susilowati, M.T.I), Kaprodi Manajemen Informatika (Oktafianto, M.T.I), Ketua LPPM (M. Muslihudin, M.T.I), bapak ibu dosen STMIK Pringsewu, Dosen STIT Pringsewu, Dosen STEBI Tanggamus, Dosen STIT Multazam Lampung Barat, 23 Kepala Pekon yang berada di wilayah Kabupaten Pringsewu, serta bapak/ibu dosen perguruan tinggi swasta di Kabupaten Pringsewu.Acara seminar tersebut menghadirkan narasumber Dr. Yusrilla Yeka Kerlooza, beliau Direktur Inovasi dan Kompetisi Universitas Komputer Indonesia. Beliau mengatakan, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan kelompok pelaku ekonomi terbesar dalam perekonomian Indonesia dan terbukti menjadi katup pengaman perekonomian nasional dalam masa krisis, serta menjadi dinamisator pertumbuhan ekonomi pasca krisis ekonomi. Selain menjadi sektor usaha yang paling besar kontribusinya terhadap pembangunan nasional, UMKM juga menciptakan peluang kerja yang cukup besar bagi tenaga kerja dalam negeri, sehingga sangat membantu upaya mengurangi pengangguran.Teknologi informasi merupakan bentuk teknologi yang digunakan untuk menciptakan, menyimpan, mengubah, dan menggunakan informasi dalam segala bentuknya. Melalui pemanfaatan teknologiinformasi ini, perusahaan mikro, kecil maupun menengah dapat memasuki pasar global.Peran UKM yang signifikan dan terbukti sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi rakyat tentunya perlu ditingkatkan agar dapat berkembang secara lebih luas dan mempunyai daya saing. Teknologi informasi tentunya memlikiperan penting dalam meningkatkan daya saing, mengingat teknologi informasi menawarkan bermacam keuntungan di samping memiliki kerumitan.Perkembangan teknologi informasi di Indonesia tumbuh mengikuti tingkat literasi masyarakat, dari daerah perkotaan menuju ke desa atau wilayah yang kecil. Teknologi informasi pada sektor bisnis sendiri cukup mendapat respon yang baik dikalangan pelaku usaha.Pemanfaatan Teknologi Informasi pada UMKM Sebagai Suatu Inovasi, Sebagai suatu inovasi oleh UMKM tentunya teknologi informasi memiliki sejumlah keuntungan diantaranya memberikan peluang memperluas akses pasar, sebagai media pemasaran, dan masih banyak lagi.
































Komentar